Foto Peserta

Berita Terbaru

Berita Sertifikasi Guru

HATI-HATI TERHADAP PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN REKTOR DAN PANITIA PLPG

PENIPUANDihimbau kepada seluruh guru agar tidak mempercayai janji-janji melalui Telepon atau SMS yang mengatasnamakn Rektor dan Panitian Sertifikasi guru yang menjanjikan kelulusan dengan melakukan Transfer Uang ke Rekening Tertentu. Kami tegaskan bahwa hal tersebut tidak benar

Apa itu Rekognisi Pembelajaran Lampau atau disingkat RPL ?

Bagaimana bentuk penilaian dalam RPL akan di jelaskan seperti berikut :
  • RPL adalah suatu sistem penghargaan terhadap wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang mencerminkan pengalaman kerja dan hasil belajar yang dimiliki guru sebagai pengurang beban studi yang wajib ditempuh dalam sertifikasi guru melalui PPGJ.
  • Pengalaman kerja yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan masa bakti, kemampuan dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran, dan prestasi tertentu yang dicapai.
  • Hasil belajar yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan kualifikasi akademik yang telah diperoleh, pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti, dan prestasi akademik yang dicapai.

    Read more...

Persyaratan Peserta Sertifikasi 2015

Persyaratan peserta sertifikasi guru pada tahun 2015 dilaksanakan dengan bentuk Pendidikan dan Profesi Guru dalam Jabatan atau disingkat (PPGJ)

SASARAN SERTIFIKASI MELALUI PPGJ

  • Sertifikasi guru melalui PPGJ diperuntukkan bagi guru dalam jabatan yang berstatus PNS dan bukan PNS pada semua jenjang pendidikan baik sekolah negeri maupun swasta di bawah pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memenuhi persyaratan.
  • Jumlah sasaran secara nasional ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Penetapan sasaran peserta per provinsi dan per kabupaten/kota didasarkan pada data hasil uji kompetensi awal (UKA), termasuk guru yang bertugas di sekolah Indonesia luar negeri (SILN).

PERSYARATAN PESERTA

Read more...

Nasib guru yang tidak lulus PLPG tahun 2014

Seperti kita ketahui bahwa pada tahun 2014, banyak guru yang tidak lulus PLPG. Bahkan ada yang telah mengikuti PLPG sebanyak 2 (dua) kali atau lebih bahkan 3 (tiga) kali atau selama 3 tahun berturut-turut. Bagi yang belum ikut PLPG hal ini mungkin tidak menjadi pertanyaan karena mereka pastinya akan mengikuti PPG dalam jabatan pada tahun 2015. Beberapa guru mempertanyakan bagaimana nasib mereka yang tidak lulus PLPG pada tahun 2014..?. Pertanyaan ini muncul kemungkinan di sebabkan oleh perubahan pola pelaksanaan sertifikasi guru dari PLPG menjadi PPG dalam Jabatan. Banyak guru yang merasa hawatir tentang hal ini, apakah mereka tetap terpanggil pada tahun 2015 atau tidak, karena pola yang mereka ikuti selama ini adalah PLPG. Sebagaimana yang telah dituliskan sebelumnya (Baca : Persyaratan peserta PPG dalam Jabatan tahun 2015) yang menyatakan bahwa persyaratan peserta PPG dalam jabatan pada tahun 2015, tidak adanya pembatasan masa kerja seorang guru. Namun pada saaat ini masih banyak guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006, olehnya itu yang di prioritaskan mengikuti PPG dalam Jabatan adalah guru yang terangkat sebelum 01 Januari 2006.

Berdasarkan hal tersebut maka guru yang tidak lulus PLPG akan tetap terpanggil mengikuti PPG dalam jabatan pada tahun 2015.

More Articles...